Pilih Laman

Di Nagari Sungai Duo, sebuah desa yang terletak di kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, terdapat sebuah program pendampingan pranikah yang telah berhasil menciptakan kisah sukses pernikahan. Program ini dikenal dengan nama ELSIMIL (Eksplorasi Lembaga Sosial Masyarakat Inovatif dan Kreatif) dan TPK (Tim Pendamping Keluarga). Dalam artikel ini akan dibahas secara detail mengenai program pendampingan pranikah ini beserta kisah suksesnya.

Pendahuluan

Pernikahan adalah salah satu momen paling penting dalam kehidupan setiap individu. Setiap orang bermimpi memiliki pernikahan yang bahagia dan langgeng. Namun, realitas seringkali berbeda dengan harapan. Konflik pernikahan, perceraian, dan kekerasan dalam rumah tangga menjadi masalah yang sering terjadi dalam masyarakat kita.

Untuk mengatasi masalah ini, nagari Sungai Duo memulai program pendampingan pranikah yang bertujuan untuk memberikan pemahaman, keterampilan, dan dukungan kepada calon pengantin agar mampu membentuk keluarga yang harmonis dan bahagia. Program ini dilaksanakan oleh ELSIMIL, sebuah lembaga sosial masyarakat yang inovatif dan kreatif, bekerja sama dengan TPK (Tim Pendamping Keluarga).

Peran ELSIMIL dan TPK

ELSIMIL adalah lembaga sosial masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai inovasi dan kreasi. Salah satu program unggulan ELSIMIL adalah pendampingan pranikah, yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pernikahan dan mengurangi risiko perceraian.

Sedangkan TPK adalah tim pendamping keluarga yang terdiri dari para ahli dalam bidang psikologi, hukum, dan keagamaan. TPK bertugas memberikan pendampingan dan konseling kepada calon pengantin, memberikan pemahaman mengenai pernikahan, hak dan kewajiban suami istri, serta penyelesaian konflik dalam rumah tangga.

Proses Pendampingan Pranikah

Foto Pasangan Pernikahan

Proses pendampingan pranikah dimulai dengan pendaftaran calon pengantin di kantor ELSIMIL. Setelah itu, calon pengantin diwajibkan mengikuti serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh ELSIMIL dan TPK. Kegiatan ini meliputi:

  1. Seminar Pranikah
  2. Seminar pranikah bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang arti pernikahan, tanggung jawab suami istri, komunikasi dalam rumah tangga, dan penyelesaian konflik. Seminar ini diikuti oleh calon pengantin baik secara individu maupun bersama pasangannya.

  3. Konseling Pranikah
  4. Setelah mengikuti seminar pranikah, calon pengantin akan menjalani sesi konseling dengan TPK. Dalam sesi ini, mereka akan mendapatkan panduan dan arahan mengenai persiapan pernikahan, tata cara pernikahan yang benar sesuai dengan agama dan budaya, serta mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi dalam rumah tangga.

  5. Inovasi dan Kreativitas
  6. Selain seminar dan konseling, ELSIMIL juga memberikan pelatihan inovasi dan kreativitas kepada calon pengantin. Tujuan dari pelatihan ini adalah agar calon pengantin mampu mengatasi permasalahan dalam rumah tangga dengan cara yang inovatif dan kreatif, sehingga dapat membangun keluarga yang harmonis dan bahagia.

  7. Monitoring dan Evaluasi
  8. Also read:
    Navigasi Pernikahan Bahagia: Pengalaman Pendampingan dengan ELSIMIL oleh TPK Nagari Sungai Duo
    Rahasia Keharmonisan Pernikahan: ELSIMIL sebagai Alat Pendampingan oleh TPK Nagari Sungai Duo

    Setelah menyelesaikan pendampingan pranikah, ELSIMIL dan TPK melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pasangan yang telah menikah. Hal ini dilakukan untuk mengukur keberhasilan program dan memberikan dukungan tambahan jika diperlukan.

Kisah Sukses Pernikahan di Nagari Sungai Duo

Program pendampingan pranikah yang dilakukan oleh ELSIMIL dan TPK telah menciptakan berbagai kisah sukses pernikahan di Nagari Sungai Duo. Salah satu kisah sukses ini adalah pasangan suami istri, Andi dan Maya, yang telah menikah selama 10 tahun.

Sebelum mengikuti pendampingan pranikah, Andi dan Maya seringkali mengalami konflik dalam rumah tangga. Mereka sering bertengkar karena berbagai perbedaan pendapat dan sulit mencapai kesepakatan. Namun, setelah mengikuti pendampingan pranikah, mereka mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai pernikahan dan cara mengatasi konflik.

Saat ini, Andi dan Maya berhasil membangun keluarga yang harmonis dan bahagia. Mereka mampu saling menghargai, menghormati, dan mendukung satu sama lain. Mereka juga memiliki strategi komunikasi yang baik dan mampu menyelesaikan konflik dengan cara yang konstruktif.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa itu ELSIMIL dan TPK?

ELSIMIL adalah lembaga sosial masyarakat inovatif dan kreatif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. TPK adalah Tim Pendamping Keluarga yang memberikan pendampingan dan konseling kepada calon pengantin.

2. Apa saja kegiatan dalam pendampingan pranikah?

Kegiatan dalam pendampingan pranikah meliputi seminar pranikah, konseling pranikah, pelatihan inovasi dan kreativitas, serta monitoring dan evaluasi.

3. Bagaimana proses pendaftaran di program pendampingan pranikah?

Proses pendaftaran untuk program pendampingan pranikah dilakukan di kantor ELSIMIL, Nagari Sungai Duo.

4. Apa manfaat dari pendampingan pranikah?

Pendampingan pranikah memberikan pemahaman, keterampilan, dan dukungan kepada calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahan, mengelola konflik rumah tangga, dan membangun keluarga yang harmonis dan bahagia.

5. Bagaimana cara menghubungi ELSIMIL dan TPK?

ELSIMIL dan TPK dapat dihubungi melalui kantor ELSIMIL di Nagari Sungai Duo atau melalui kontak yang tertera di website resmi ELSIMIL.

Kesimpulan

Melalui program pendampingan pranikah yang dilakukan oleh ELSIMIL dan TPK, banyak kisah sukses pernikahan yang tercipta di Nagari Sungai Duo. Program ini memberikan pemahaman, keterampilan, dan dukungan kepada calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahan dan mengelola konflik rumah tangga.

ELSIMIL dan TPK berperan penting dalam membantu pasangan suami istri membangun keluarga yang harmonis dan bahagia. Melalui pendampingan pranikah, calon pengantin dapat mengatasi permasalahan dalam rumah tangga dengan cara yang inovatif dan kreatif.

Dengan demikian, program pendampingan pranikah yang dilakukan oleh ELSIMIL dan TPK telah membantu masyarakat di Nagari Sungai Duo dalam menciptakan pernikahan yang sukses dan rumah tangga yang harmonis.

Kisah Sukses Pernikahan: Elsimil Dan Tpk Dalam Pendampingan Pranikah Di Nagari Sungai Duo

Bagikan Berita

depo 25 bonus 25

depo 50 bonus 50

depo 50 bonus 50

depo 50 bonus 50

depo 25 bonus 25

depo 25 bonus 25

depo 25 bonus 25

https://sinaboi.desa.id/shop/depo25-bonus25/

https://smkn1kendari.sch.id/perpustakaan/

https://candiwulan.desa.id/wp-includes/rujak-bonanza/

https://sungaiduo.desa.id/cgi-bin/

https://kalikajar.desa.id/wp-includes/pulsa/

https://kaliori-purbalingga.desa.id/wp-includes/spaceman/

https://tangkisan.desa.id/wp-includes/zeus/

https://baruga.desa.id/wp-includes/js/bet-100/

https://elisahortaliza.com/qris/

https://standupnowapparel.com/

https://www.carnivoreisvegan.com/wp-content/