Selasa, 9 Maret 2021, Nagari Sungai Duo menerima kunjungan dari Dinas Kominfo Kabupaten Dharmasraya yang dipimpin lansung oleh Plt Kepala Dinas Kominfo Dharmasraya Reno Lazuardi, S.Pd.M.Si, dan didampingi oleh Kepala Bidang Statistik Marlisna, SE.MM, Kasi Pengelola Data Statistik, Pj Kasi Informasi Data Statistik dan Pranata Komputer Putra Darmawan, S.Komdari Kominfo Dharmasraya, rombongan disambut langsung oleh oleh Wali Nagari Sungai Duo Ali Amran,S.Pd,  Kasi Pemerintahan Usman Fatah dan Robert Tricahyono sebagai Kaur Perencanaan,

Dalam sambutannya Kadis Kominfo menyampaikan bahwa Nagari Statistik merupakan kebanggan Kabupaten Dharmasraya, maka dari itu Dinas Kominfo sangat mendukung jika 4 Nagari dalam satu Kecamatan Sitiung di jadikan Nagari Statistik. Beliau juga membahas tentang Desa Cantik, yang dalam hal ini Nagari Sungai Duo akan dijadikan sebagai Pilot Project.

Program Desa Cantik ini sejalan dengan semangat satu data Indonesia yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan. Melalui program Desa Cantik ini diharapkan nantinya sistem informasi desa berbasis masyarakat dapat dioptimalkan.

Perencanaan pembangunan Desa yang terfokus pada upaya mewujudkan peningkatan kualitas hidup manusia, peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa dan penanggulangan kemiskinan harus didukung oleh ketersediaan data dan informasi yang faktual dan valid sebagai salah satu inputnya. Untuk itu perlu dilakukan penyelenggaraan statistik sektoral di level Desa sesuai dengan kaidah dan norma dalam Sistem Statistik Nasional.

Fokus program Desa Cinta Statistik adalah optimalisasi Sistem Informasi Desa yang berbasis masyarakat, agar Desa mampu menyusun dan menghasilkan data yang bersifat mikro dengan by name, by address sehingga perencanaan pembangunan Desa lebih tepat sasaran.

Bagikan Berita