Pilih Laman

Pamsimas

Hidup Sehat Dimulai dari Air Bersih dan Sanitasi Yang Baik

Akses terhadap air bersih dan sanitasi yang memadai merupakan hak dasar setiap warga. Namun, masih banyak warga di Nagari Sungai Duo yang belum menikmati fasilitas ini. Oleh karena itu, Pemerintah Nagari Sungai Duo meluncurkan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).

Program ini bertujuan untuk memperluas akses air bersih dan sanitasi di Nagari Sungai Duo, khususnya di daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh infrastruktur pipa air atau fasilitas sanitasi publik.

Kegiatan

  1. Pembangunan Sistem Air Bersih: Pemasangan infrastruktur untuk distribusi air bersih dari sumber air ke rumah-rumah warga.
  2. Pembangunan Toilet Komunal dan Sanitasi: Membangun toilet komunal yang higienis dan memberikan pelatihan mengenai sanitasi dan kebersihan.
  3. Pendidikan dan Sosialisasi: Mengadakan berbagai kegiatan pendidikan dan sosialisasi tentang pentingnya sanitasi dan penggunaan air bersih.
  4. Pembentukan Badan Usaha Milik Desa: Membentuk badan yang akan mengelola dan memelihara sistem air bersih dan sanitasi di tingkat komunitas.
  5. Pemantauan dan Evaluasi: Melakukan pemantauan berkala dan evaluasi untuk memastikan keberlanjutan dan efektivitas program.

Mitra

Program ini berkolaborasi dengan Pemerintah Pusat, LSM, dan donatur, serta masyarakat Nagari Sungai Duo sendiri dalam bentuk partisipasi dan dukungan lokal.

Pengukuran Efektivitas

Efektivitas program ini akan diukur melalui indikator seperti peningkatan akses air bersih, pengurangan insiden penyakit yang berhubungan dengan sanitasi, serta tingkat kepuasan masyarakat terhadap fasilitas yang telah dibangun.

Kontak dan Informasi Lebih Lanjut

Untuk informasi lebih lanjut atau ingin berpartisipasi dalam program ini, Anda dapat menghubungi kantor pemerintah Nagari Sungai Duo atau mengunjungi Laman Kontak yang ada di website ini.

Program PAMSIMAS di Nagari Sungai Duo adalah upaya konkrit untuk memperbaiki kualitas hidup warga melalui penyediaan air bersih dan sanitasi yang layak. Mari kita dukung dan sukseskan program ini untuk masa depan yang lebih sehat dan sejahtera.