Pilih Laman

Menjaga Keindahan Alam: Ekowisata Sebagai Pendorong Kebersihan di 15 Jorong Nagari Sungai Duo

Menjaga keindahan alam adalah tanggung jawab bersama. Kebersihan lingkungan harus dijaga agar alam tetap indah dan lestari. Salah satu cara yang efektif untuk melibatkan masyarakat dalam menjaga kebersihan adalah melalui ekowisata. Di Nagari Sungai Duo, ada 15 jorong yang menjadi destinasi ekowisata yang menarik. Melalui ekowisata, masyarakat diajak untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan keindahan alam. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi betapa pentingnya ekowisata sebagai pendorong kebersihan di 15 jorong Nagari Sungai Duo.

Menjaga Keindahan Alam: Ekowisata Sebagai Pendorong Kebersihan di 15 Jorong Nagari Sungai Duo

1. Keindahan Alam di 15 Jorong Nagari Sungai Duo

Nagari Sungai Duo terletak di kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Nagari ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan pegunungan yang hijau dan sungai yang jernih. Di dalam Nagari Sungai Duo, terdapat 15 jorong yang memiliki keunikan dan daya tarik masing-masing. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Jorong Tanjung Sani
  2. Jorong Batang Kelei
  3. Jorong Surni Datuk Bandaro Basa
  4. Jorong Pandan Sari
  5. Jorong Lubuk Gadang
  6. Jorong Padang Gaek
  7. Jorong Sungai Dareh
  8. Jorong Batang Kapeh
  9. Jorong Parit Kunjang
  10. Jorong Rantau Bungin
  11. Jorong Pasir Putih
  12. Jorong Puncak Sarik
  13. Also read:
    Pengurangan Plastik Sekali Pakai: Langkah Nyata Mewujudkan Kebersihan di 15 Jorong Nagari Sungai Duo
    Pendidikan Anak-anak tentang Kebersihan Lingkungan: Investasi dalam Masa Depan 15 Jorong Nagari Sungai Duo

  14. Jorong Simarasok
  15. Jorong Sungai Durian
  16. Jorong Koto Tinggi

Menjaga Keindahan Alam: Ekowisata Sebagai Pendorong Kebersihan di 15 Jorong Nagari Sungai Duo

2. Potensi Ekowisata di Jorong-jorong Nagari Sungai Duo

Setiap jorong di Nagari Sungai Duo memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai destinasi ekowisata. Keindahan alam, keunikan budaya, dan kelestarian lingkungan di setiap jorong memberikan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Di Jorong Tanjung Sani misalnya, terdapat air terjun yang indah dan pepohonan yang rindang. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam, sambil bermain air dan menikmati udara segar. Dalam menjaga kebersihan di Jorong Tanjung Sani, masyarakat setempat secara rutin melakukan kegiatan gotong royong membersihkan area sekitar air terjun.

Jorong Parit Kunjang juga menawarkan keindahan alam yang mempesona. Di sini, wisatawan dapat menikmati pemandangan sawah yang hijau dan terasering yang indah. Untuk menjaga kebersihan di Jorong Parit Kunjang, masyarakat setempat melakukan penanaman pohon dan pemeliharaan lingkungan secara rutin.

3. Peran Ekowisata dalam Menjaga Kebersihan

Ekowisata memainkan peran penting dalam menjaga kebersihan di jorong-jorong Nagari Sungai Duo. Melalui ekowisata, wisatawan diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan menjaga kebersihan dan melestarikan alam. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam rangka menjaga kebersihan di jorong-jorong Nagari Sungai Duo antara lain:

  • Penanaman pohon
  • Pembersihan sungai dan air terjun
  • Penyuluhan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan
  • Program pengelolaan sampah
  • Pengadaan tempat sampah di lokasi strategis

Masyarakat lokal juga berperan penting dalam kegiatan ekowisata dan menjaga kebersihan. Mereka menjadi pemandu wisata yang tidak hanya memberikan informasi tentang keindahan jorong, tetapi juga mengajak wisatawan untuk berpartisipasi dalam kegiatan kebersihan.

4. Manfaat Ekowisata sebagai Pendorong Kebersihan

Ekowisata memiliki manfaat yang besar sebagai pendorong kebersihan di jorong-jorong Nagari Sungai Duo. Beberapa manfaatnya antara lain:

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan
  2. Mengurangi jumlah sampah dan polusi lingkungan
  3. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat
  4. Menghasilkan pendapatan tambahan bagi masyarakat melalui pariwisata
  5. Meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian alam dan lingkungan

Dengan manfaat-manfaat tersebut, ekowisata menjadi salah satu solusi yang efektif dalam menjaga kebersihan dan keindahan alam di jorong-jorong Nagari Sungai Duo.

5. Tantangan dalam Menjaga Kebersihan di Jorong-jorong Nagari Sungai Duo

Walaupun ekowisata memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan, namun masih terdapat tantangan-tantangan yang harus dihadapi dalam upaya menjaga kebersihan di jorong-jorong Nagari Sungai Duo. Beberapa tantangannya adalah:

  • Kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan
  • Keterbatasan sumber daya dalam melakukan kegiatan kebersihan
  • Minimnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan kebersihan
  • Kurangnya pemahaman tentang pengelolaan sampah yang baik

Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, perlu adanya kerjasama antara pemerintah daerah, masyarakat, dan pihak terkait dalam mengembangkan ekowisata dan menjaga kebersihan di jorong-jorong Nagari Sungai Duo.

6. Kesimpulan

Dalam menjaga keindahan alam di 15 jorong Nagari Sungai Duo, ekowisata memainkan peran penting sebagai pendorong kebersihan. Melalui ekowisata, masyarakat diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan menjaga kebersihan dan melestarikan alam. Dengan manfaat yang besar, ekowisata dapat menjadi solusi efektif dalam menjaga kebersihan dan keindahan alam di jorong-jorong Nagari Sungai Duo. Meskipun terdapat beberapa tantangan, dengan kerjasama antara pemerintah daerah, masyarakat, dan pihak terkait, kebersihan dan keindahan alam di jorong-jorong Nagari Sungai Duo dapat tetap terjaga.

Menjaga Keindahan Alam: Ekowisata Sebagai Pendorong Kebersihan Di 15 Jorong Nagari Sungai Duo

Bagikan Berita