Pilih Laman

Rabu, 29/09/2021. Nagari Sungai Duo Menadapat Kunjungan Dari Pemerintahan Kabupaten Agam dalam Rangka Studi Komperatif tentang Nagari Statistik. Karena

Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung, dikenal sebagai Nagari Statistik Pertama dan di akui oleh BPS Pusat. Yang dalam hal ini Kabupaten Agam juga memiliki 9 Nagari Statistik dari 82 Nagari yang ada di Kabupaten Agam.

Acara ini di hadiri oleh Kepala Dinas Kominfo, Kabid dan Kasi Statistik Kabupten Agam yang di dampingi oleh Wali Nagari, Sekretaris Nagari dan Perangkat Nagari  yang terdiri dari Nagari Sungai Pua, Nagari Manggopoh dan Nagari Kamang hilir.

Kegiatan ini di juga di sambut oleh kepala dinas Kominfo kabupaten Dharmasraya, Kabid Statistik, beserta Wali Nagri Sungai Duo, Sekretaris Nagari dan Perangkat Nagari Sungai Duo.

Kedatangan Pemerintahan Kabupaten Agam ke Nagari Sungai Duo, ingin belajar lebih banyak tentang terbentuknya Nagari Statistik. Dan bagaimana cara kerja Pemerintahan Nagari Sungai Duo dalam mewujudkan ini semua. hal ini di buktikan dengan menerima penghargaan Inovasi Nagari Statistik pertama di Sumatera Barat dan di Indonesia.

Program Nagari Statistik sendiri merupakan program peningkatan kompetensi Perangkat Nagari dalam pengelolaan dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan Nagari ke depan lebih tepat sasaran. “Validitas data mutlak diperlukan sebagai panduan perencanaan pembangunan yang baik,”Ungkap Ali Amran.

Sebagai Nagari Statistik, Pemerintah Nagari Sungai Duo nantinya dapat menyediakan data yang mutakhir pada suatu sistem aplikasi profil Nagari yang bersifat mikro. Dengan data yang mutakhir tersebut perencanaan pembangunan Nagari dapat lebih tepat sasaran, seperti program pengentasan kemiskinan di Nagari Sungai Duo.

 

Bagikan Berita