Pelatihan Sensus Penduduk Online yang diadakan di Kantor Wali Nagari Sungai Duo, Selasa 18 Februari Tahun 2020. Pelatihan  yang di ikuti oleh Kepala Jorong, Kader dan Warga Nagari Sungai Duo berjalan dengan lancar. Acara ini dibukak langsung oleh Kasi Pemerintahan Usman Fatah dan di lanjutkan sambutan dari Kepala BPS Kabupaten Dharmasraya.

Dalam sambutannya itu Kepala BPS Ir. Hilda merasa sangat senang karena warga Sungai Duo sangat Antusias sekali dalam mengikuti pelatihan ini dan menjadikan Nagari Sungai Duo sebagai Nagari Statistik pertama dan dikenal oleh semua orang bahkan Indonesia sekalipun.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Ir. Hilda menjelaskan, pada sensus penduduk 2020 terdapat perbedaan mendasar dari sensus tahun-tahun sebelumnya. Tahun depan bakal memanfaatkan data registrasi penduduk yang disebut Combined Method (Metode Kombinasi).

Kita harapkan saling menguntungkan antara BPS dan Dukcapil terkait update data terkini. Sehingga kedepan data Dukcapil dan Sensus Penduduk menjadi satu, memberikan kualitas data pendudukan yang lebih bagus

Dia mengatakan, poin penting dari kerjasama kedua lembaga itu adalah data jumlah kependudukan baik de jure yakni menurut KTP dan de facto menurut tempat tinggal. Kedua data tersebut memiliki poin penting terkait perekonomian Indonesia.

“Karena kalau bicara pertumbuhan ekonomi itu didasarkan de facto bukan de jure,” katanya.

Sensus Penduduk Online sangat membantu kita semua, baik dalam segi Waktu dan juga menghemat Anggaran Biaya Negara” imbuh Kepala BPS” dalam materi yang beliau sampaikan pada pelatihan tersebut.

Selanjutnya Kasi IPDS  Wisnu Wijayanto S.Si menjelaskan, kepada seluruh peserta pelatihan bagaimana cara melakukan sensus Penduduk Online. Dalam hal ini Kasi IPDS meminta kepada seluruh peserta melengkapi Syarat-syarat yang akan di pergunakan dalam melakukan sensus penduduk online. Seperti halnya buku nikah, foto copy KK dan HP Anroid

Kendati demikian, BPS memiliki prinsip tak ada satu pun penduduk yang terlewat cacah. Maka untuk mengakomodasi penduduk yang belum melakukan sensus penduduk online, BPS akan melakukan sensus penduduk wawancara dari rumah ke rumah. “Sensus penduduk wawancara dari rumah ke rumah akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020,”

Bagikan Berita