Pilih Laman

Benar-benar ada banyak lembaga dan komunitas yang aktif di Nagari Sungai Duo, berlokasi di Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Keberadaan lembaga dan komunitas ini memainkan peran penting dalam kehidupan sosial dan kultural masyarakat. Mereka berkontribusi untuk membangun hubungan antarwarga, melestarikan budaya lokal, dan mempromosikan kegiatan sosial yang positif.

1. Pemerintah Nagari Sungai Duo

Sebagai lembaga pemerintahan di tingkat desa, Pemerintah Nagari Sungai Duo memiliki peran sentral dalam mengelola urusan pemerintahan, pembangunan, dan kesejahteraan masyarakat. Dipimpin oleh Wali Nagari Ali Amran S.Pd, Pemerintah Nagari Sungai Duo berupaya menjalankan tugasnya dengan baik dan melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan.

Pemerintah Nagari Sungai Duo

2. Badan Permusyawaratan Nagari (BPN)

Sebagai lembaga adat, Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) berperan sebagai wakil dari seluruh warga nagari dan memiliki fungsi pembinaan serta pengawasan terhadap lembaga-lembaga adat di Nagari Sungai Duo. BPN juga berperan sebagai mediator dalam penyelesaian perselisihan antarwarga dan memfasilitasi kegiatan adat, seperti pernikahan adat, upacara penyambutan tamu besar, dan lain-lain.

3. Lembaga Adat

Lembaga Adat di Nagari Sungai Duo memiliki peran krusial dalam menjaga dan melestarikan tradisi dan budaya lokal. Mereka memainkan peranan dalam mengatur adat dan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Lembaga-lembaga adat ini bertanggungjawab atas peninggalan tradisi leluhur dan menjaga keharmonisan hidup bermasyarakat.

Lembaga Adat Nagari Sungai Duo

4. Organisasi Pemuda

Di Nagari Sungai Duo, terdapat beberapa organisasi pemuda yang berperan aktif dalam kegiatan sosial dan pembangunan. Organisasi-organisasi ini menciptakan lingkungan yang mendukung pemuda dalam berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan masyarakat. Mereka juga mengadakan berbagai kegiatan positif untuk melibatkan pemuda dalam kehidupan sosial dan kultural nagari.

5. Organisasi Perempuan

Organisasi perempuan di Nagari Sungai Duo memiliki peran penting dalam memperjuangkan hak perempuan, meningkatkan kesejahteraan perempuan, dan mendorong kesetaraan gender dalam masyarakat. Mereka menjalankan program-program pemberdayaan perempuan, seperti pelatihan keterampilan, pengembangan ekonomi, pendidikan, dan lain-lain.

Organisasi Perempuan Nagari Sungai Duo

6. Komunitas Seni dan Budaya

Di Nagari Sungai Duo, terdapat berbagai komunitas seni dan budaya yang berdedikasi dalam melestarikan budaya lokal. Mereka mengadakan latihan seni dan pertunjukan, serta aktif dalam mengikuti festival dan kompetisi seni di tingkat lokal maupun nasional. Komunitas seni dan budaya ini berperan penting dalam mempromosikan kekayaan budaya dan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni dan budaya nagari.

7. Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan di Nagari Sungai Duo merupakan salah satu pilar penting dalam pengembangan potensi generasi muda. Terdapat beberapa sekolah yang menyediakan pendidikan formal mulai dari tingkat SD hingga SMA. Selain itu, terdapat pula lembaga pendidikan non-formal yang memberikan pelatihan dan kursus untuk meningkatkan keterampilan masyarakat.

Also read:
Sub Sub Pelayanan Publik di Nagari Sungai Duo
Bertutur tentang Lembaga-Lembaga Lokal: Landasan Kemajuan Nagari Sungai Duo

8. Grup Keagamaan

Grup keagamaan di Nagari Sungai Duo memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kerukunan antarumat beragama dan memperkuat kehidupan keagamaan masyarakat. Di Nagari Sungai Duo, terdapat beragam kelompok keagamaan seperti majelis taklim, pengajian rutin, dan gereja. Kelompok keagamaan ini aktif dalam kegiatan ibadah dan mengadakan kegiatan sosial untuk masyarakat.

Grup Keagamaan di Nagari Sungai Duo

9. Kelompok Tani

Kelompok tani di Nagari Sungai Duo berperan dalam pengembangan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani. Kelompok tani ini bekerja sama dengan pemerintah dan lembaga terkait untuk mengadakan pelatihan pertanian, pengadaan alat-alat pertanian modern, serta memfasilitasi pemasaran produk pertanian.

10. Gerakan Lingkungan Hidup

Gerakan lingkungan hidup di Nagari Sungai Duo memiliki peran penting dalam melestarikan alam dan menjaga kelestarian lingkungan nagari. Mereka melakukan berbagai kegiatan seperti penanaman pohon, kegiatan pembersihan lingkungan, dan advokasi perlindungan lingkungan.

11. Kelompok Usaha Bersama

Kelompok usaha bersama adalah komunitas yang tergabung dalam satu kelompok untuk mengembangkan usaha bersama dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Di Nagari Sungai Duo, terdapat berbagai kelompok usaha seperti kelompok tani, kelompok kerajinan, dan kelompok usaha mikro. Kelompok-kelompok ini saling berkolaborasi dalam kegiatan produksi, pemasaran, dan pengembangan usaha.

Kelompok Usaha Bersama

12. Kelompok Seni dan Kesenian

Kelompok seni dan kesenian di Nagari Sungai Duo berdedikasi dalam mempromosikan dan mengembangkan seni dan kesenian lokal. Mereka aktif dalam mengadakan pelatihan seni, pertunjukan seni, dan pameran seni untuk memperkenalkan keindahan budaya nagari kepada masyarakat luas. Kelompok seni dan kesenian ini merupakan salah satu wadah untuk mengasah bakat seni masyarakat dan memupuk rasa cinta terhadap kebudayaan.

13. Organisasi Sports

Organisasi sports di Nagari Sungai Duo fokus pada pengembangan olahraga dan kebugaran masyarakat. Mereka mengadakan berbagai kegiatan olahraga seperti turnamen sepak bola, bulu tangkis, dan voli, serta mengorganisir kegiatan rekreasi dan kebugaran. Organisasi sports ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan membangun semangat kebersamaan melalui olahraga.

Organisasi Sports di Nagari Sungai Duo

14. Kelompok Sosial

Kelompok sosial di Nagari Sungai Duo berfokus pada kegiatan sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Mereka mengadakan kegiatan amal, penggalangan dana, dan kegiatan sosial lainnya untuk membantu kelompok rentan dan memperbaiki kondisi sosial di nagari.

15. Puskesmas Nagari

Puskesmas Nagari merupakan lembaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat Nagari Sungai Duo. Puskesmas ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan warga nagari dengan memberikan pelayanan medis, promotif, dan preventif.

16. Kelompok Keamanan Masyarakat (Pokmas)

Kelompok Keamanan Masyarakat (Pokmas) di Nagari Sungai Duo memiliki peran vital dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Mereka bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk mengawasi keamanan nagari dan melaporkan kejadian-kejadian yang mencurigakan.

17. Gapoktan

Gapoktan, singkatan dari Gabungan Kelompok Tani, merupakan bentuk organisasi yang mendorong petani untuk bekerja sama dalam mengelola sumber daya pertanian. Di Nagari Sungai Duo, Gapoktan berperan dalam meningkatkan produktivitas pertanian, mengadakan pelatihan, dan memfasilitasi pemasaran hasil pertanian.

18. Karang Taruna

Karang Taruna di Nagari Sungai Duo adalah organisasi yang bertujuan mengembangkan potensi generasi muda dalam berbagai bidang. Mereka mengadakan pelatihan kecakapan hidup, kegiatan sosial, dan memfasilitasi partisipasi pemuda dalam kehidupan nagari.

19. Kelompok Gotong Royong

Kelompok gotong royong merupakan wadah bagi masyarakat Nagari Sungai Duo untuk saling membantu dalam kegiatan bersama yang bermanfaat. Gotong royong sering dilakukan untuk membersihkan lingkungan, memperbaiki fasilitas umum, dan membantu warga yang membutuhkan.

20. Komunitas Peduli Lingkungan

Komunitas Peduli Lingkungan di Nagari Sungai Duo berdedikasi dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan nagari. Mereka aktif dalam kegiatan pengelolaan sampah, penanaman pohon, dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan alam.

21. Keluarga Berencana

Lembaga Dan Komunitas Di Nagari Sungai Duo: Pusat Kehidupan Sosial Dan Kultural

Bagikan Berita

depo 25 bonus 25

depo 50 bonus 50

depo 50 bonus 50

depo 50 bonus 50

depo 25 bonus 25